baru

PERPUSTAKAAN

PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

PROFIL SEKOLAH

Rabu, 08 Agustus 2018

LABORATORIUM IPA




SISWA PRAKTEK DI LABORATORIUM IPA
BERSAMA BPK. TAUFIK SUTANTO, S.Pd.
             SMP Negeri 1 Belitang III adalah sebuah institusi pendidikan yang dalam pencapaian tujuannya sangat didukung oleh berbagai komponen, salah satunya adalah Laboratorium IPA. Lebih dari itu Laboratorium IPA adalah komponen yang sangat mendasar dalam terlaksananya suatu proses pendidikan untuk mencapai hasil pembelajaran yang lebih baik. Laboratorium adalah tempat pembelajaran sains IPA dengan cara mencari pengetahuan tentang alam secara sistematis melalui proses penemuan (inquiry) yang menekankan pemberian pengalaman langsung dalam penggunaan dan pengembangan keterampilan proses dan sikap ilmiah peserta didik, yang bermuara pada pembelajaran Work-Based experimen (belajar sambil bekerja).
Untuk mendukung proses pembelajaran, maka laboratorium haruslah dilayani oleh tenaga laboratorium sekolah yang kompeten. Idealnya, setiap laboratorium memiliki tenaga laboratorium yang terdiri dari kepala laboratorium, laboran, dan/atau teknisi sesuai dengan kebutuhannya. Teknisi adalah tenaga laboratorium dengan jenjang keterampilan dan keahlian tertentu yang lebih tinggi dari laboran, yang bertugas membantu pendidik dan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran di laboratorium sekolah. Namun dalam kenyataannya, sering kali tenaga teknisi juga harus  merangkap sebagai laboran. Jadi dapat disimpulkan bahwa teknisi laboratorium (biologi) merupakan salah satu tenaga kependidikan yang sangat diperlukan untuk mendukung peningkatan kualitas proses pembelajaran di sekolah melalui kegiatan laboratorium. Oleh karena itu, seorang teknisi laboratorium harus memiliki kompetensi dasar yang dapat mendukung tugas dan fungsi pokoknya sebagai tenaga riil lapangan di laboratorium.
   Dengan demikian laboratorium yang berasal dari kata laboratory, memiliki beberapa pengertian yaitu; (a). Tempat yang dilengkapi peralatan untuk melangsungkan percoabaan di dalam sains atau melakukan pengujian dan analisis, (b). Bangunan atau ruangan yang dilengkapi peralatan untuk melangsungkan penelitian ilmiah atau praktik pembelajaran bidang sains, (c). Tempat memproduksi bahan kimia atau obat, (d). Tempat kerja untuk melakukan penelitian ilmiah, (e). Ruang kerja seorang ilmuwan dan tempat menjalankan eksperimen bidang studi sains (fisika, kimia, dan biologi). Berdasarkan definisi yang telah diuraikan di atas, maka laboratorium kimia merupakan suatu bangun atau ruang yang didalamnya dilengkapi dengan peralatan dan bahan-bahan untuk kepentingan pelaksanaan praktikum kimia, praktik pembelajaran kimia, dan penelitian ilmiah.Laboratorium adalah tempat untuk melaksanakan kegiatan praktik yang mendukung pembelajaran di kelas, termasuk workshop/bengkel, lahan percobaan, studio, dan sanggar.
             Keberadaan Laboratorium IPA juga perlu didukung oleh sebuah program yang baik agar dapat mencapai tujuan yang direncanakan dan mengacu kepada Visi dan Misi SMPN 1 Belitang III. Penyusunan program yang baik dan terencana akan menciptakan suatu pengembangan dan pemeliharaan Laboratorium IPA ke depan. Hal ini akan mendukung tingkat keberhasilan program yang ingin dicapai sekaligus memberikan tingkat ketercapaian Visi dan Misi SMP Negeri 1 Belitang III.





0 komentar:

Posting Komentar